Monday, March 10, 2014

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa

Buah Imajinasiku




       Melukis adalah salah satu bagian dari kegiatan seni rupa. Melukis dapat dilakukan di berbagai media, media yang dimaksud bisa berupa buku gambar, kanvas, kayu, tembok, dan masih banyak lagi media yang lainnya. Salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam lukisan adalah warna. Warna dapat dikatakan roh yang menghidupkan lukisan tersebut. Pewarna yang digunakan biasanya berupa cat. Cat yang digunakan bisa berupa cat minyak , cat air, bisa juga memanfaatkan warna dari bahan pewarna alami sperti : kunyit , daun suji, perasan wortel, dan lainnya. Lukisan seseorang tidak akan mungkin sama dengan orang lainnya, karena masing-masing orang memiliki imajinasi dan seni yang berbeda.
      Imajinasi dalam melukis bisa timbul secara tiba-tiba atau juga bisa timbul karena melihat suatu obyek atau benda yang telah diamati. Dalam melukis imajinasi itu sangat berpengaruh, karena imajinasi yang akan menuntun kita dalam menghasilkan karya lukisan. Mungkin sebagian orang menganggap melukis merupakan suatu kegiatan yang sulit dilakukan, kegiatan yang rumit, dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki bakat seni. Mungkin kebanyakan orang beranggapan seperti itu, karena mereka takut salah, dan ragu-ragu untuk memulai melukis. Namun anggapan tersebut salah, melukis sebenarnya kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak usah ragu, tuangkan imajinasimu dan biarkan goresan kuasmu menghasilakan karya! 
      Saya juga belum cukup mahir dalam melukis, bisa dikatakan saya ini seorang yang amatir dalam melukis. Awalnya saya juga ragu untuk melukis, takut untuk menggoreskan kuas, takut untuk salah, takut hasilnya jelek, tapi akhirnya perasaan ragu dan takut itu dapat saya lawan. Pertama kali saya melukis saya menggunakan cat air. Melukis menggunakan cat air sangat menyenangkan, karena cat air tersebut memilki keunikan. Keunikan yang dimaksud adalah, warna cat air yang sudah digoreskan di buku gambar maupun kanvas, ketika warna tersebut sudah kering dan ditumpuk dengan warna yang lain akan menghasilkan warna yang baru dari perpaduan warna tersebut. Hal ini disebabkan karena cat air tersebut memilki sifat transparan. Hal yang perlu diperhatikan sebelum melukis dengan cat air adalah komposisi campuran antara cat dengan air harus tepat jangan sampai terlalu  banyak air ataupun kurang air.
       Karya pertama saya dalam melukis dengan cat air adalah bentuk-bentuk buah, ada buah anggur, buah mangga, apel, dan pisang. Awalnya saya tidak berniat untuk membuat lukisan buah-buahan tersebut, sebelum membuat buah tersebut saya hanya asal-asalan menggoreskan kuas. Saya hanya membuat bentuk bulat, kemudian secara tiba-tiba muncul imajinasi untuk membuat abuah anggur. Tanpa ada rasa ragu lagi saya menggoreskan kuas membuat buah anggur, saya memadukan bermacam-macam warna agar menghasilkan lukisan buah anggur yang menarik. Kemudian imajinasi saya berlanjut untuk membuat macam-macam buah yang lainnya. Dan pada akhirnya selesailah lukisan buah-buahan saya, meskipun kurang bagus tapi saya senang dan bangga karena itu hasil karya pertama saya. Saya beri nama lukisan tersebut dengan nama "Buah Imajinasi", karena itu merupakan hasil dari imajinasi saya.  


No comments:

Post a Comment