Sunday, April 20, 2014

Kerajinan Tangan Dan Seni Rupa

Mozaik Sederhana dengan Motif Unik




Mozaik yaitu, pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material dipotong-potong atau suadah terbentuk potongan kemudian disusun dan ditempelkan pad biadang datar. Mozaik terdiri dari dua dimensi dan tiga dimensi. Tetapi prinsip kerjanya sama, yaitu menempelkan potongan benda-benda lain. Benda-benda tersebut dapat berupa pecahan kaca, pecahan keramik, potongan kayu, batu, kertas, guntingan dari daun kering, dan lain sebagainya selama masih berbentuk potongan yang lembarnya dapat disusun dalam bidang yang telah disediakan.Pewarnaan pada mozaik ini dipilih dari bahan/material mozaik yang akan di tempel yang memiliki warna asli, artinya warna tersebut  asli dari warna kaca, mika, keramik, daun, kayu, sehingga nantinya tidak perlu menambahkan pewarnaan setelah ditempelkan. Untuk menghasilkan corak gambar yang menarik, maka kita harus mengatur warnanya tersebut dari susunan materialnya agar menghasilkan perpaduan warna yang menarik.
Berikut saya akan sedikit menjelaskan cara membuat mozaik sederhana menggunakan potongan kertas, adapun caranya sebagai berikut :
1.    Persiapkan alat dan bahan, seperti :
·         buku gambar
·         pensil dan penghapus
·         gunting dan pembolong kertas
·         kertas berwarna
·         lem
2.      Cara pembuatan mozaik :
·         Pertama buatlah sketsa gambar yang kita inginkan menggunakan pensil. Sketsa yang dibuat tidak usah terlalu rumit, buat yang sederhana saja agar memudahkan kita dalam proses menempel kertas nantinya.
·         Setelah sketsa yang dibuat sudah jadi, kemudian dilanjutkan dengan memilih warna kertas apa saja yang akan digunakan. Pemilihan warna sangat penting, karena pemilihan wrana yang tepat akan menghasilkan mozaik yang menarik dan artistic.
·         Kemudian potonglah warna yang sudah dipilih menggunakan gunting atau agar lebih praktis bisa memanfaatkan pembolongan kertas.
·         Setelah semua kertas warna sudah dipotong, jangan lupa memisahkan antara warna satu dengan warna lainnya, agar dalam proses menempel memudahkan kita dalam mengambil wrana yang diinginkan.
·         Setelah potongan kertas sudah dikumpulkan sesuai warnanya, dilanjutkan dengan proses menempel warna tersebut. Hal yang pertama kali dilakukan adalah menempel kertas mengikuti garis sketsa, agar memperjelas sketsa yang kita buat, baru setelah itu kita menempel kertas pada bagian dalam sketsa menggunakan warna yang kita inginkan.
·          Dalam proses penempelan kertas, Cara menempel kertas yang sudah dipotong itu, harus ditempelkan secara merata dan hendaknya dihindari penumpukan penempelan potongan kertas. Hal ini dikarenakan agar gambar yang ditempeli potongan kertas dapat memperoleh suatu pola yang unik. Penempelan yang ditumpuk juga tidak masalah tergantung seninya masing-masing.  
·        Setelah semua sketsa mozaik ditempel dengan kertas, dilanjutkan dengan menempel latarnya. Penempelan latar mozaik bisa dikombinasikan dengan memanfaatkan bibi-bijian, daun kering dan lainnya.  
3.     Masalah atau kendala yang dihadapi ketika membuat mozaik 
·         Dalam membuat mozaik ada beberapa kendala yang sering terjadi seperti: bingung dalam memilih warna yang akan digunakan, ketelitian dalam menempel, dan kesabaran ketika menempel kertas. Kurang sabar adalah yang menjadi kendala utama, sering kali kita merasa bosan dalam menempel kertas. Masalah dan kendala tersebut juga saya alami ketika membuat mozaik.
4.      Manfaat membuat mozaik
·         Melatih kesabaran
·         Meningkatkan kreatifitas
·         Menambah pengetahuan baru tentang seni rupa khususnya mozaik

Selanjutnya saya akan menceritakan tentang mozaik yang saya buat, mozaik yang saya buat adalah burung angry bird yang sedang naik pesawat terbang.Saya memilih angry bird, karena angry bird sudah dikenal oleh semua orang khususnya anak-anak. Anak-anak angat menyukai tokoh game yang satu ini, maka dari itu saya memilih angry bird sebagi mozaik yang saya buat. Mozaik ini saya buat dengan memanfaatkan potongan kertas origami. Mozaik yang saya buat ini cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. Saya memerlukan waktu 2 hari dalam menyelesaikan mozaik tersebut. Pada saat membuat mozaik ini kendala pertama kali yang saya hadapi adalah kesulitan dalam mengambil potongan warna yang diinginkan, karena semua potongan warna saya gabungkan, maka dari itu seharusnya potongan warna satu dan lainnya dipisahkan menurut warnya masing-masing, agar memudahkan kita dalam mengambil warna yang diinginkan. Selain hal tersebut saat membuat mozaik ini kendala utamanya adalah kesabaran dan ketelitian dalam menempel kertas, seperti yang saya ungkapkan diatas pada saat membuat mozaik ini perlu kesabaran ekstra dalam menempel kertas. Kesabaran kunci utama dalam membuat mozaik, seringkali dalam membuat mozaik kita dihinggapi rasa bosan, karena menempel kertas tersebut memakan waktu yang cukup lama. Tetapi jika dinikmati, sesungguhnya membuat mozaik tersebut merupakan kegiatan yang menyenangkan, dan pada saat mozaik kita sudah selesai akan memberikan kepuasan batin. Sekian tulisan saya mengenai mozaik, mohon maaf jika ada kesalahan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Oleh: I Putu Ari Pradana Kusuma (1211031023), kelas A, PGSD semester 4.



No comments:

Post a Comment